Postingan

Rincian Pendanaan Godot & Proses Penggajian

Artikel ini bertujuan untuk memberikan gambaran tentang status terkini pendanaan, penggajian, dan rencana kami untuk pendanaan berkelanjutan jangka panjang Godot.

Pendanaan dan Pengeluaran Saat Ini

Status pendanaan Godot

Godot sepenuhnya bergantung pada sumbangan. Hingga saat ini, sumbangan tersebut berupa janji melalui Patreon, transfer PayPal, dan hibah satu kali. Secara alami, hanya sumbangan melalui Patreon yang berulang (meskipun beberapa orang memilih untuk melakukan pembayaran berulang melalui PayPal). Namun, kami tidak sepenuhnya dapat mengandalkan sumbangan ini karena jumlah bulanan yang diterima dapat berfluktuasi. Pada saat penulisan, jumlah sumbangan bulanan sekitar $14.000 USD, namun jumlah yang kami terima setelah pemotongan biaya jauh lebih sedikit.

Untuk mengakomodasi sifat sementara dari sumbangan, kami berhati-hati dalam memperluas tim. Di masa lalu, kami menunggu hingga kami memiliki cukup dana tersedia untuk membayar kontrak setahun penuh bagi seseorang sebelum menandatangani kontrak dengan mereka.

Selain itu, ketika proyek ini jauh lebih kecil daripada sekarang, Godot menerima lebih banyak dana daripada yang bisa digunakan karena kesulitan dalam menemukan kandidat yang cocok untuk dipekerjakan. Sebagai hasilnya, kami berhati-hati dalam memperluas tim. Hal ini menyebabkan dana Godot tersimpan dari tahun ke tahun.

Namun, dalam dua tahun terakhir, jumlah kontributor telah meningkat secara signifikan, dan lebih banyak individu yang memenuhi persyaratan proyek menjadi tersedia untuk dipekerjakan. Hal ini, ditambah dengan kebutuhan mendesak untuk mengembangkan Godot 4.0 menjadi versi stabil, mengakibatkan peningkatan jumlah penggajian dan tingkat pengeluaran yang melebihi jumlah sumbangan bulanan saat ini.

Kami ingin mempertahankan kelompok kontributor yang saat ini dibayar, tetapi kami membutuhkan lebih banyak pendanaan untuk melakukannya.

Jumlah penggajian pada tingkat pendanaan saat ini tidak berkelanjutan dalam jangka panjang. Berkat pendapatan rutin dari Patreon dan PayPal, kami tidak akan langsung kehabisan dana, tetapi kami menghabiskan lebih banyak setiap bulannya daripada yang kami terima. Oleh karena itu, untuk mempertahankan kelompok kontributor yang dibayar saat ini dan menjaga laju pengembangan saat ini, proyek ini perlu meningkatkan jumlah pendanaan yang diterimanya.

Penggajian saat ini dan di masa depan

Saat ini, yayasan memiliki 10 kontraktor (beberapa bekerja paruh waktu, beberapa penuh waktu) dengan biaya total sekitar $40.000 USD per bulan. Mereka ini bekerja dalam berbagai bidang yang bermanfaat bagi pengembangan mesin seperti pengalaman pengguna editor, rendering, produksi, penggalangan dana, integrasi C#, dan pengembangan GDScript.

Pada saat penulisan, proyek Godot (melalui SFC dan Yayasan) memiliki kontrak dengan orang-orang berikut:

  • Bastiaan Olij (BastiaanOlij)
  • Emilio Coppola (Emi)
  • George Marques (vnen)
  • Hugo Locurcio (Calinou)
  • Ignacio Etcheverry (neikeq)
  • Juan Linietsky (reduz)
  • Pāvels Nadtočajevs (bruvzg)
  • Remi Verschelde (akien-mga)
  • Tomasz Chabora (KoBeWi)
  • Yuri Sizov (YuriSizov)

Terdapat beberapa area di mana kami menyadari bahwa Godot masih membutuhkan pekerjaan ekstra yang tidak dilakukan oleh sukarelawan, dan kami berharap dapat menggaji beberapa orang lagi di masa depan untuk menangani area-area ini. Di antaranya adalah memperluas fitur rendering, meningkatkan kegunaan editor, meningkatkan performa keseluruhan, dan meningkatkan pipa pengolahan aset. Kami telah mengidentifikasi beberapa orang yang cocok untuk peran tersebut, namun kami membutuhkan sumbangan lebih banyak agar ini dapat terwujud.

Penggantian Biaya dan Pengeluaran Lainnya

Sesuai kebijakan yang sama dari Software Freedom Conservancy, sebagian kecil pendanaan dialokasikan untuk penggantian biaya perjalanan (kontributor Godot bertemu dua kali setahun selama Godot Sprints untuk mendiskusikan pengembangan mesin).

Selain itu, meskipun vendor perangkat keras kadang-kadang menyumbangkan perangkat keras yang diperlukan untuk mengembangkan Godot, kadang-kadang proyek ini perlu membantu kontributor dengan penggantian biaya perangkat keras agar mereka dapat menguji kode mereka pada platform, GPU, dll. yang berbeda.

Penggantian biaya perjalanan dan biaya perangkat keras hanya merupakan sebagian kecil dari total pengeluaran proyek dan umumnya kurang dari $1.000 USD per tahun. Sisanya dari pendanaan digunakan langsung untuk membayar kontraktor.

Proses penggajian Godot

Kami ingin membahas proses penggajian untuk kontributor Godot yang dibayar.

Proses penggajian Godot bekerja berbeda dibandingkan perusahaan perangkat lunak tradisional. Pada perusahaan perangkat lunak tradisional, lowongan pekerjaan diumumkan dan calon dievaluasi sampai akhirnya salah satu di antaranya dipekerjakan. Pekerja baru harus melalui proses pengenalan dan waktu yang dibutuhkan untuk sepenuhnya memahami

dan familiar dengan cara kerja proyek saat ini. Proses ini seringkali membutuhkan bantuan yang signifikan dari rekan mereka (yang mencegah mereka melakukan pekerjaan mereka sendiri) sampai pekerja baru merasa nyaman dan produktif. Ada kemungkinan bahwa orang baru ini tidak akan sepenuhnya terintegrasi atau berkinerja seperti yang diharapkan, dan perusahaan menerima biaya ini.

Untuk Godot, prosesnya berbeda. Kami biasanya tidak membuat pengumuman pekerjaan secara publik, kami mengidentifikasi individu yang sudah memiliki pengetahuan tentang Godot, memiliki pengalaman di bidang yang membutuhkan kontribusi lebih banyak, dan bekerja dengan baik dengan kontributor lainnya. Karena Godot adalah proyek perangkat lunak FOSS yang sangat populer (dengan lebih dari 2.000 kontributor), biasanya tidak sulit bagi kami untuk menemukan individu-individu seperti itu untuk sebagian besar area mesin.

Dengan cara ini, ketika dana yang cukup tersedia, kami dapat menanyakan kepada para kontributor ini apakah mereka ingin bekerja penuh (atau paruh) waktu untuk proyek Godot sehingga mereka dapat terus bekerja pada apa yang sudah mereka kerjakan, tetapi juga mengabdikan beberapa jam lagi untuk Godot. Ini secara signifikan mempercepat laju pengembangan Godot dan memastikan bahwa dana sumbangan selalu digunakan untuk penggajian yang akan memaksimalkan pengembalian investasi.

Berkat kebijakan ini, pengembangan Godot dapat dilakukan dengan biaya yang jauh lebih rendah dibandingkan penawaran komersial yang lebih besar dan lebih banyak selesai dalam perbandingan dollar demi dollar (dan menghasilkan hasil yang sepenuhnya bebas, Open Source, dan tersedia untuk semua orang untuk digunakan dengan cara apa pun yang mereka inginkan).

Pendekatan ini dalam penggajian telah berkembang dengan baik seiring pertumbuhan proyek, dan kami berharap dapat terus berlanjut di masa depan. Seperti biasa, kami berusaha melakukan sebanyak mungkin dengan apa yang kami miliki dan kami harap Anda terus mempercayai kami dan mempercayai masa depan proyek ini.

Masa Depan Pendanaan

Platform sumbangan baru

Kami akan meluncurkan halaman Dana Pengembangan Godot, mengambil inspirasi dari teman-teman kami di Blender dan Blender Development Fund yang luar biasa. Dana Pengembangan Godot akan beroperasi dengan cara yang sama, memungkinkan pengguna untuk melakukan sumbangan berulang atau sekali pakai dari lokasi yang terpusat.

Kami memutuskan untuk menawarkan platform sumbangan baru ini karena semakin jelas bahwa menggunakan alat pihak ketiga seperti Patreon menghabiskan biaya yang terlalu tinggi dibandingkan dengan layanan yang ditawarkan. Karena pajak, biaya pemrosesan pembayaran, dan biaya lainnya, Godot menerima jauh lebih sedikit daripada yang didonasikan melalui platform tersebut. Pada saat yang sama, ada sedikit layanan serupa yang melayani organisasi nirlaba dalam skala Godot. Pada akhirnya, kami memutuskan untuk mengikuti jejak teman-teman kami di Blender dan Krita.

Platform sumbangan baru ini sebagian besar sudah siap; Anda sudah dapat menggunakannya untuk mengatur sumbangan berulang melalui PayPal jika Anda ingin melakukannya! Dalam beberapa minggu mendatang, kami berharap dapat menyelesaikan platform sumbangan ini dan kami akan membuat pengumuman besar ketika semuanya sudah selesai 100%.

Kami akan tetap menjaga Patreon tetap beroperasi dalam waktu yang dapat diprediksi karena kami sangat bergantung pada sumbangan saat ini yang kami terima melalui Patreon. Namun, untuk sumbangan di masa depan, harap pertimbangkan untuk menggunakan Dana Pengembangan agar lebih banyak sumbangan Anda digunakan untuk pengembangan.

Diversifikasi sumber pendanaan

Dengan adanya Yayasan Godot yang baru, diharapkan bahwa Proyek Godot dapat semakin mendiversifikasi pendanaannya, mencakup area seperti:

  • Toko aset berbayar (mengambil persentase dari penjualan).
  • Barang dagangan.

Ini masih dalam tahap perencanaan awal karena prioritas kami sampai saat ini adalah menjalankan platform sumbangan. Harap dicatat, kami tidak berharap bahwa kami akan dapat menjaga proyek ini melalui toko aset dan barang dagangan saja karena kami akan secara sengaja menjalankannya dengan margin yang sangat tipis. Kami adalah proyek nirlaba terlebih dahulu dan utama, dan kami tidak akan mengorbankan itu.

Laporan Transparansi

Selama tahun 2023, transisi dari Software Freedom Conservancy ke Yayasan Godot akan dilakukan. Kontrak-kontrak yang ada dengan SFC akan berakhir dan kontrak baru dengan Yayasan Godot akan ditandatangani untuk memastikan kontinuitas.

SFC menerbitkan laporan transparansi mereka sendiri pada akhir setiap tahun dengan informasi rinci tentang sumber pendanaan dan penggunaan dana, namun karena mereka mengelola beberapa proyek, mereka tidak memberikan rincian spesifik untuk setiap proyek dalam setiap kategori pengeluaran. Godot akan disertakan dalam laporan tahunan SFC untuk tahun 2022 dan 2023, tetapi Yayasan Godot akan bertanggung jawab untuk menerbitkan laporan tahunannya sendiri mulai tahun 2023.

Yayasan Godot akan menerbitkan laporan transparansinya sendiri pada tahun 2024 yang mencakup periode awal berdirinya pada tahun 2022 hingga akhir 2023 berdasarkan pendanaan dan arus kasnya sendiri. Ini akan tumpang tindih dengan laporan SFC untuk tahun 2022 dan 2023. Karena laporan akan mencakup Godot secara eksklusif, laporan ini dapat mencakup lebih banyak rincian daripada laporan SFC. Pembaca yang tertarik dapat menemukan rincian terperinci tentang sumber pendanaan dan kategori pengeluaran.

Meskipun mungkin diinginkan untuk mempublikasikan informasi ini lebih sering, harap mengerti bahwa laporan-laporan ini harus diaudit untuk mem

atuhi hukum setempat dan bisa mahal dan memakan waktu untuk disiapkan. Namun, kami akan dapat memposting informasi terkini tentang pendanaan bulanan kami berkat platform sumbangan baru.

Masa Depan

Dengan pertumbuhan yang kuat dari pengguna mesin Godot dan jumlah kontributor yang semakin bertambah, akan diperlukan jumlah pendanaan yang lebih besar untuk menjaga laju pengembangan yang diharapkan, jadi tetaplah berhubungan untuk Dana Pengembangan Godot yang baru atau bantu sekarang dengan berdonasi di sini. Terima kasih banyak kepada semua orang yang telah membagi waktu atau dukungan keuangan mereka untuk proyek ini. Kami tidak akan berada di sini tanpa adanya Anda.

Pranala Sumber

Postingan ini dilisensikan di bawah CC BY 4.0 oleh penulis.

Comments powered by Disqus.

Crafted with ❤️+☕ in Surabaya, Indonesia.

© 2024 Godot Community. Sebagian konten dilindungi.